Selasa, 30 Oktober 2012

Makalah Hardware dan Software Komputer

MAKALAH HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah berkenan memberi petunjuk dan kekuatan kepada kami sehingga makalah, “Hardware dan Software Komputer” ini dapat diselesaikan.


Makalah ini merupakan salah satu tugas mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP kelas VIII semsester I.

Dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan, bimbingan dan arahan kepada penyusun.

Ucapan terima kasih dan penghargaan tersebut kami sampaikan kepada :

1.      Guru Mata Pelajaran TIK kelas XI

2.      Teman-teman kelas XI IPA MA'AHID dan

3.      Kedua orang tua kami tercinta yang telah memberi dorongan dan semangat sehingga laporan ini dapat diselesaikan.

Dalam makalah ini kami menyadari masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu segala saran dan kritik guna perbaikan dan kesempurnaan sangat kami nantikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penyusun dan para pembaca pada umumnya.

                                                                        Kudus, November 2010

                                                                                           

                                                                                     Penyusun,


 
                                                                                 Fissabil Ibrohim              

 

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI  ……………………………………………………………...
   

i KATA PENGANTAR  …………………………………………………....
   

ii BAB I
   PENDAHULUAN ……………………………………….
   1
A. Latar Belakang Masalah  ……………………………
B. Tujuan ………………………………………………...

C. Sistematika ……………………………………………
   
2 BAB II
3 PEMBAHASAN  ………………………………………...
    A.    Hardware ..……..…………………………………….
    B.     Software ………………...………..…………………..
   C.    Etika dan Moral dalam Menggunakan TIK ………
    D.    Berinteraksi dengan Komputer …………………….
   

4 BAB III
   PENUTUP ……………………………………………….
    A.  Kesimpulan …………………………………………..
    B.  Saran  ………………………………………………...
   DAFTAR PUSTAKA  …………………………………………………….
   

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara umum adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kemajuan teknologi dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (RISTEK, 2006). Tercakup dalam definisi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun telekomunikasi. Istilah TIK atau Information and Communication Technology (ICT), muncul setelah berpadunya teknologi komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya, dan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi.

Di lembaga pendidikan, siswa mendapat pelajaran teknologi informasi dan komunikasi dengan mempelajari mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Dalam hal ini penyusun akan membahas tentang Hardware dan Software Komputer.

Selain sebagai tugas serta penujang materi, disusunnya makalah ini juga karena masih kurangnya pemahaman kami terhadap materi-materi teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan hardware dan software komputer. Hal ini karena masih terbatasnya perangkat komputer di sekolah kami berada.

B.     Tujuan

1.      Lebih memahami tentang materi Hardware dan Software Komputer,

2.      Tidak salah dalam menggunakan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi

3.      Dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan hardware dan software komputer bagi penyusun dan pembaca.

4.      Meningkatkan kerjasama yang baik dalam kelompok belajar,

C.    Sistematika

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I     PENDAHULUAN

                A.  Latar Belakang Masalah

                B.  Tujuan

                C.  Sistematika

BAB II    PEMBAHASAN

                A.  Hardware

                B.  Software

                C.  Etika dan Moral dalam Menggunakan Komputer

                      D.  Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan

                            Komputer

BAB III   PENUTUP

                A.  Kesimpulan

                B.  Saran

Daftar Pustaka     

BAB II

PEMBAHASAN

Kehidupan manusia saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi, khususnya Komputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis computer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki oleh masyarakat,misalnya personal data assistant (PDA), global position system (GPS), mobile computer (desktop, laptop), mobile phone (HP), translator, dan sebagainya.

Komputer (computer) diambil dari computare (bhs latin) yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Jadi dapat disimpulkan bahwa computer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.

Pada proses kerjanya, komputer memiliki 3 bagian yang tidak bisa dipisahkan yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna). Tetapi yang akan di bahas terlebih dahulu dalam makalah ini adalah tentang Hardware dan Software Komputer.

A.    Hardware

Hardware atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah “perangkat keras” merupakan peralatan fisik yang dapat dilihat dan dipegang dari komputer itu sendiri. Hardware terdiri dari :

1.      Alat Masukan (input device), berfungsi memasukkan data untuk diproses. Komputer akan memproses atau menjalankan sebuah perintah jika sudah ada data-data yang dimasukkan atau diinput. Alat masukan diantaranya :

-          Keyboard, merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, yang terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya

-          Mouse, merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data

-          Scanner, alat untuk memasukan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital

-          Joystic, alat yang digunakan untuk game/permainan

-          Touch screen (layar sentuh),

-          Microphone, alat yang dapat menginput data berupa suara

-          Kamera/Webcam/Camcoder, alat yang dapat menginput data berupa photo maupun gambar bergerak (video)

2.      Alat Pengolahan/Proses (processor device), yaitu alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan pada alat output. Secara umum alat proses terangkum dalam central processing unit atau CPU. Di dalam CPU alat proses dapat diurai seperti :

-          Mother board (papan induk), berupa alat yang menghubungkan alat-alat komputer lainnya seperti alat input, proses, storage dan output.

-          Processor, merupakan otak dari sebuah perangkat komputer. Tugas processor adalah mengontrol sistem, menentukan saat pengiriman data terjadi, menjalankan operasi aritmatik, dan melakukan operasi logika. Kecepatan proses komputer ditentukan oleh kemampuan yang dimiliki oleh processor tersebut.

-          RAM (Random Access Memory), merupakan memori yang dapat diakses untuk diambil isinya dan dapat diisi kembali. RAM merupakan penyimpan data masukan, data instruksi program, data sebelum dan sesudah diproses dan penyimpanan hasil akhir. RAM juga menentukan kemampuan dan kecepatan proses komputer.

-          ROM (Read Only Memory) atau BIOS (basic input and output system), merupakan memori yang berisi sistem operasi yang terdiri atas program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer. Tetapi memori ini hanya dapat dibaca saja, programmer tidak dapat mengisi sesuatu ke dalamnya karena ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya.

-          Video Graphic Adapter (VGA) Card, yaitu bagian dari perangkat keras yang berfungsi mengolah tampilan atau output pada layar monitor

-          Sound Card, merupakan alat yang mengolah suara sehingga dapat didengar outputnya melalui speaker.

-          Modem Modulator demodulator sering disebut dengan modem. Yaitu bagian dari hardware yang memproses sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya memproses data digital menjadi sinyal analog. Modem digunakan untuk melakukan koneksi internet,

-          Power Suply,  yaitu komponen dalam cpu yang berfungsi mengalirkan arus listrik ke setiap perangkat CPU

-          Ploppy Drive dan CD/DVD Drive, merupakan alat untuk mebaca dan memproses alat penyimpanan seperti disket dan CD/DVD

3.      Alat Penyimpanan (storage device/memory), berfungsi untuk menyimpan hasil input atau hasil dari alat masukan, seperti :

-          Hardisk, adalah media penyimpan data dengan kapasitas sangat besar

-          Compac Disk (CD) dan Digital Video Disk (DVD), merupakan media penyimpanan yang sifatnya permanen setelah diisi data dan hanya dapat dibaca oleh CD/DVD ROM

-          Disket dan Flashdisk, merupakan media penyimpan yang sifatnya mudah dibawa dan  dipindah-pindahkan.

4.      Alat Keluaran (output device), berfungsi menampilkan hasil pemrosesan data oleh komputer. Output atau keluaran dapat berupa tampilan visual di layar monitor, suara dari speaker atau cetakan teks atau gambar dari printer atau plotter atau tampilan video layar lebar dari proyektor

B.     Software

Software atau disebut juga dengan “perangkat lunak” merupakan suatu rangkaian instruksi atau perintah yang dibuat dan dipasangkan pada suatu perangkat keras, agar perangkat keras tersebut dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Software terdiri dari beberapa jenis :

1.      Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Microsoft Windows, Macintos dll. Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.

2.      Software aplikasi atau application software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari manusia yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, manipulasi foto, multimedia atau membuat laporan keuangan. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:

a.       Perangkat lunak pengolahan kata (Word Processing), seperti Wordstar, Microsoft Word, Amipro, Word Perfect, OpenOffice.Org Writer

b.      Perangkat lunak pengolahan angka (Spreadsheet), seperti Lotus 123, Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc, OpenOffice.Org Calc.

c.       Perangkat lunak pengolahan data (Database), seperti dBase, Fox Base, Microsoft Access, OpenOffice.Org Base

d.      Perangkat lunak presentasi seperti Microsoft Powerpoint, OpenOffice.Org Impress, dan lain sebagainya

e.       Perangkat lunak multimedia seperti pemutar audio atau video

f.        Perangkat lunak komunikasi dan internet, seperti Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera, MIRC, MSN, Yahoo Messenger, Pidgin, Microsoft Outlook, Mozila Thunderbird, dan lain-lain

g.      Perangkat lunak pengolahan gambar seperti Adobe Photoshop, ACDse, dll

h.      Perangkat lunak utilitas (Utility) seperti antivirus, Nero, TuneUp Utility, dll

i.        Perangkat lunak permainan (Games), seperti permainan balapan, strategi, petualangan, dll.

j.        Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;

·         Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.

·         Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).

·         High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.

C.    Etika dan Moral dalam Menggunakan Komputer

Etika adalah ajaran tentang baik dan buruknya sesuatu.
Moral adalah aspek kejiwaan yang sangat erat berhubungan dengan sikap dan prilaku seseorang.

1.      Hak Cipta Perangkat Lunak

Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi perbatasan-perbatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.      Menghargai Karya Orang Lain

Penghargaan kepada karya orang lain khususnya pembuat perangkat lunak komputer dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :

-          Menggunakan perangkat lunak asli, kalaupun tidak kita harus membeli lisensi kepada perusahaan yang bersangkutan.

-          Tidak menggunakan perangkat lunak untuk kejahatan.

-          Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seizin perusahaan.

-          Tidak menyalah gunakan dalam bentuk apapun.

-          Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.

3.      Undang-undang Hak Cipta

Pemerintah RI telah mengeluarkan peraturan baru yang berupa UU No. 19 Th. 2002 tentang hak cipta. Sebelumnya Indonesia memiliki UU No. 6 Th. 1982 tentang hak cipta sebagaimana telah diubah dengan UU No. 7 Th. 1987 dan terakhir dengan UU No. 12 Th. 1997 yang disebut undang-undang hak cipta dan sanksi pelanggaran undang-undang hak cipta pasal 72 ayat 2 dan 3. Undang-undang mengenai Masa Berlakunya Hak Cipta adalah Pasal 30 UU No. 19 Th. 2002 menyatakan bahwa masa berlakunya hak cipta atas ciptaan program komputer dan data base adalah 50 tahun sejak pertama kali diumumkan.

D.    Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Komputer

1.      Posisi Duduk

Pada saat duduk posisi tubuh tidak terlalu menunduk atau mengadah. Siku membentuk 900 sehingga memudahkan pekerjaan. Pandangan mata harus sejajar dengan monitor komputer.

2.      Perkiraan Jarak Pandang Monitor

Pandangan mata dengan monitor berjarak 46-47 cm / 0,150. Dan sebaiknya pada monitor ditambah dengan kaca peredam (screen filter)

3.      Memilih Jenis Monitor Yang Baik

Sebaiknya menggunakan jenis monitor TFT LCD karena efek radiasi pencaran sinarnya rendah dan daya listrik yang digunakan lebih kecil dibandinglan CRT.

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Setelah disusunya makalah ini dapat disimpulkan bahwa :

1.      Komputer merupakan alat pengolah data yang masuk dan menghasilkan informasi sesuai dengan tujuan penggunanya

2.      Seperangkat hardware komputer tidak akan berfungsi apabila tidak dipasang software komputer, begitu juga sebaliknya

B.     Saran

Bertolak dari betapa pentingnya teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini karena perkembangannya yang begitu pesat, penyusun memberikan saran sebagai berikut :

1.      Adanya lab komputer di sekolah untuk praktek TIK, atau paling tidak ada 2 atau 3 unit PC agar siswa bisa lebih memahami tentang pelajaran TIK.

2.      Penggunaan perangkat yang ada untuk mendemonstrasikan atau mempraktekkan setiap materi TIK oleh guru TIK

 

DAFTAR PUSTAKA

Setiadi, A, Julianto., et. al, 2009. “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas VII”, Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Endang, Lusi., et. al. 2009 “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas VIII”, Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Purbo, W. Onno, 2009 “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas IX”, Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Hendra Thea, 2010 "Makalah Hardware dan Software Komputer" Saung Reyod Hendra Blog (online) (http://hends25.blogspot.com/, diakses ______ 2010"

Mumu., 2006. “Teknologi Informasi dan Komunikasi”. www.contohskripsitesis.com, (online), (http://www.contohskripsitesis.com/backup/Tugas%20Kuliah, diakses 18

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Massa Fissabil
Lihat profil lengkapku